Instagram

Tuesday, October 14, 2014

Tugas Video, Bikin Sebel tapi Bikin Paham

Musim UTS gini gak greget kalo gak ada tugas apalagi kalo deadlinenya pas UTS -___-
Nah ada nih tugas dari salah satu matkul di jurusannku yaitu Biofisika, tugasnya gak cuma nguras otak, waktu, duit, hati dan persaan pun ikut ikutan dikuras. Apalagi kalo UTSnya ada dua atau lebih matkul dalam sehari, matkul lain yang bebas tugas bakalan keteteran UTS nya gegara lembur ngerjain tugas (khusus deadliners) hiks. Sayangnya gue itu deadliners sejati, otak berasa mati suri sebelum h-berapa jam huhuhu


Tugas nya ini kita disuruh
bikin video nah pas di awal semester kita dikasih 10 soal, 5 soal untuk UTS dan 5 soal untuk UAS. Enaknya gak ada UTS namun diganti dengan tugas take home yaitu Individual report tentang video tersebut. Di dalam kelas sang dosen  pun mengajar dengan cara yang berbeda beliau hanya memancing agar para mahasiswanya bertanya pertanyaan apapun di dalam kelas mengenai pertanyaan yang diberikan ataupun di luar itu, selain itu beliau juga memfasilitasi mahasiswa untuk bertanya melalui email pada jam kerja. Sehingga di dalam kelas selalu terbiasa untuk berdiskusi (mungkin maksudnya kayak gini kali yak) walaupun yang nanya saat di dalam kelas ya hanya beberapa orang yang itu-itu saja tiap minggu nya hahaha #bukangue ya :D kalo gue mah diem tidur terus di pojokan kelas hiks hiks.

Pak Gea sapaan dari dosen Biofisika gue ini emang dikenal gemar banget ber eksperimen dengan cara mengajarnya, gimana enggak tiap semsternya metode ajarnya hampir selalu berubah.
Namun dalam metode ajarnya kali ini yang mungkin memiliki tujuan agar para mahasiswanya ini untuk terbiasa dengan diskusi di dalam kelompok. ya tugas videonya di kerjain berkelompok maksimal 10 orang.
Nah proses pembelajaran saat dalam masa pembuatan video dan tuntutan individual report inilah yang akan menimbulkan diskusi di dalam kelompok, disinilah kita bisa dapat lebih "dong" atau "mudeng" atau paham karena jawaban-jawaban dari kebingungan-kebingungan kita bisa di diskusikan di dalam kelompok, nah biasanya kan kita akan bisa lebih enak jika bertanya ke sesama teman jika di bandingkan dengan bertanya langsung ke dosen yang bersangkutan. ini gue sih :/

Ah yang jelas gue demen sama metode ajarnya pak Gea yang sekarang, di kelas bisa tidur soalnya wkkwkw, gak ada tugas critical reviews tiap minggu kaya semester sebelumnya yang bikin tiap malemnya selalu begadang hiks, gue sih tiap malem emang selalu insomnia wkkwwk. selain itu bisa lebih paham sama materinya setelah liat penjelasan dari video-video kelompok lain, iya coba deh bedain belajar dengan baca buku dibanding belajar dari nonton? selain visualisainya yang bikin betah liatnya juga bisa di kreasikan biar yang menonton itu bisa lebih paham. Soalnya gue gak baca buku referensi yang di kasih sama dosen tapi cuma nonton video yang kelompok gue bikin sama video-video yang di upload kelompok lain pas bikin individual report nya. yang jelas sangat membantu dalam memahami materi :)

Oh iya by the way ini nih video bikinan kelompok gue :)
"selamat menonton semoga terinspirasi" =====> quote dari mbak-mbak di movie box :D

2 comments:

  1. tugas bikin vedeo? kuliahnya jurusan apaan Mas Bro?

    salam kenal dari tuban .

    ReplyDelete
  2. Iya, saya jurusan teknik fisika. Salam kenal dari jogja :)

    ReplyDelete