Instagram

Sunday, December 30, 2012

Menyusuri Kenangan 2012

Ngga nyangka 2012 berakhir secepat ini, tahun yang begitu berkesan buat gue ini penuh dengan keberhasilan dan pencapaian dari mimpi-mimpi gue. Iya sebagian dari mimpi yang mungkin dulu terasa ngga mungkin dicapai di tahun ini bisa gue raih. Namun memang sudah menjadi hukum alam kalo segala sesuatu itu memiliki pasangan termasuk segala kesan baik di tahun ini juga dipadukan dengan kesan yang buruk dalam hidup gue. tapi tenang sisi buruk ini ngga bakal gue ceritain disini kok gue hanya mau berbagi kebahagian yang gue alami di sepanjang tahun ini yang pasti ngga gue tulis semuanya ya soalnya gue juga ngeburu waktu buat belajar nyiapin buat UAS hehe
Pertama yang menurut gue ngga bisa gue lupain adalah
ketika waktu itu hari Rabu, 10 April 2012 jam 10:09:02 lagi makan masakan emak gue yang "keasinan" sepulang dari sekolah (SMA kelas 3) tiba-tiba aja hape gue dapaet sms nih dari no +628118504### yang sampe sekarang masih gue simpen itu sms, isinya kaya gini
"Pelanggan Yth, anda terpilih sebagai Pemenang Telkomsel Poin Periode III Okt-Des 2011, hadiah Tabungan Rp 2.500.000. Mohon datang ke Grapari Telkomsel terdekat untuk konfirmasi & validasi data. Info pemenang di www.telkomsel.com. Segera datang ke Grapari Telkomsel terdekat."
 pertama gue ngga yakin terus gue inget dulu gue milih Tabungan pas ada event TP ini. Langsung deh gue cek ke *700# (kalo ngga salah) dan ternyata bener gue dapet undian TP dan gue cek juga di webnya Telkomsel ini juga bener. gue langsung loncat-loncat kaya tomcat
#emang tomcat loncat ya min?
Kaga tau huehehe yang penting mimpi gue beli laptop akhirnya bisa juga (dalem batin gue yaa waktu itu). Dan dalam sejarah kehidupan gue ini adalah kali pertamanya gue dapet undian atau menang perlombaan.
Namun gue putusin buat ngga beli laptop dulu mengingat mendekati bulan Ujian Nasional yang menjadi momok menakutkan bagi siswa kelas 12 seperti gue waktu itu.

Dan Ujian pun terlewati masa-masa paling menegangkan akhirnya bisa gue lalui dengan cepat walau terasa agak berat memang UN tahun ini namun gue tetep optimis.

Masa-masa pendaftaran mahasiswa baru pun dimulai, dulu gue berpikir "bisa ngga sih orang kaya gue kuliah?" beneran loh dulu aja waktu aku mau daftar ke SMA dibilang sama lilik ato om gue buat sekolah di STM aja biar bisa langsung kerja ngga kaya SMA yang harus kuliah dulu mengingat kehidupan ekonomi keluarga gue ngga mendukung buat itu. tapi gue tetep ngotot daftar ke SMA Negeri dan RSBI pula, sampe akhirnya gue ngelewati UN SMA kemaren dan siap untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi. Untung aja ada beasiswa dari DIKTI yaitu Bidik Misi dan gue pasang target buat bisa dapet beasiswa itu di Perguruan Tinggi Negeri dan "harus Negeri!" gue membatin. Dan akhirnya semua proses pendaftaran buat Bidik Misi dan SNMPTN Undangan pun selesai gue pilih 2 PT yaitu UGM dan UNS tinggal menunggu pengumuman diterima atau enggaknya. Nah, buat jaga-jaga kalo ngga bisa diterima di PTN gue juga mendaftar ke PTK STIS yang kabarnya kuliahnya tanpa biaya. Setelah proses pendaftaran dan melalui seleksi tahap satu yaitu test tulis di UMY gue tinggal menunggu pengumuman lolos seleksi tahap 1 dari 3 tahap yang ada.

Kemudian hal yang berkesan selanjutnya adalah ketika waktu puisi matematika gue terpilih sebagai puisi terbaik dan gue disuruh baca di radio RRI masih ingat ketika gue bersama teman yang juga dipilih untuk puisinya dibacakan di radio itu rekaman di hari jumat. Di acara radio tersebut lupa nama acaranya apa. Puisi gue dikupas abis tapi untungnya mendapat respon positif guru dan temen-temen yang ndengerin acara itu. Jadi awalnya guru matematika gue namanya ibu Ike Rahayuningsih ngasih tugas pas dulu waktu semester 1 buat nguji udah sejauh mana muridnya tau tentang makna berbagai istilah matematika dalam bentuk puisi. Nah terus puisi yang terpilih tersebut diumumin pas minggu-minggu setelah UN kalo ngga salah, kalo gue denger pas disiarin gue sih bacanya kaya jelek banget malah tapi emang sih pas bagian pengupasan maknanya itu kata temen-teman gue bagus
#aseek liat dong min naskah puisinya
Oh ya maaf naskah puisinya gue posting lain waktu aja ya hehe
Yang bikin gue makin terbang itu kata seseorang di RRI waktu pas rekaman itu bilang kalo ini patut buat ditayangkan di BanyumasTV. Tapi sayang sampe sekarang belum kesampean, tapi untung juga sih soalnya gue suka grogi ampe gemeteran kalo ngomong depan orang banyak malah ntar merusak citra diri :((

Lanjut ketika pengumuman kelulusan UN sekaligus perpisahan disekolah gue, gue bareng sama emak gue dateng dengan senyuman seperti biasanya #fiksinya keluar nih
Saat gue duduk di bangku paling depan di lapangan tengah sekolah didepan panggung acara perpisahan gue bertemu guru matematika gue bu Ike, dia tersenyum ke gue sambil nyuruh gue ngerapihin sepatu gue yang nekuk-nekuk gitu, dalam benak gue waktu itu kaya sebuah pertanda baik yang akan terjadi. Dan memang benar feeling gue, pas diumumin gue dapet nilai sempurna di mapel Matematika dan sebagai peringkat 2 dengan nilai akhir tertinggi di sekolah gue.
gue bareng emak Rum
Yang aneh adalah kenapa selalu 2 dari gue SD, SMP sampe SMA gue pas UAN atau UN selalu mendapat peringkat 2? Jika dilihat dari nama sekolahnya juga mengandung angka 2, gue sekolah di SDN 2 Jatisaba, SMPN 2 Purwojati sayang SMA nya bukan di SMAN 2 tapi SMAN 1 Ajibarang karena emang ada satu hahaha tapi tetep aneh aja kenapa selalu angka 2? Dan nomer urut aku duduk berdasarkan absen waktu acara pengumuman dan perpisahan tersebut juga nomer 2 loh?

Beralih dari misteri angka 2, kejadian paling berkesan selanjutnya adalah ketika menjelang pengumuman seleksi STIS dan SNMPTN Undangan yang dinanti-nanti. Pengumuman STIS diumumin lebih dulu tepatnya beberapa hari sebelum pengumuman hasil Ujian Nasional dan hasilnya gue lolos seleksi tahap 1, Alhamdulillah satu langkah kemajuan dan gue daftar ulang buat ngikutin seleksi tahap 2 kali ini gue milih tempatnya di Bandung biar bisa dianter sama sodara gue disana ke tempat seleksinya soalnya yang lolos seleksi dari sekolah gue cuma 2 jadi ngga ada temen yang buat bareng-bareng ke jogja lagi. Tapi kemudian setelah pengumuman SNMPTN Undangan beberapa hari setelah pengumuman kelulusan UN gue juga diterima di UGM Jurusan Teknik Fisika, gue milih ke UGM dengan beasiswa Bidik Misi yang juga diterima semoga menjadi pilihan yang tepat.

Setelah segala syarat pendaftaran ulang ke UGM selesai, gue baru punya niat buat beli laptop yang selama ini gue impikan dengan uang tabungan hasil mendapat undian Telkomsel Poin itu yang tadinya gue berniat buat biaya kuliah tapi untungnya dapet beasiswa Bidik Misi jadi gue alihkan buat beli laptop yang sekarang lagi dipakai buat nulis tulisan ini. Barang yang selalu hanya bisa gue harapkan dari undian doorprize ketika ultah SMA gue yang ngga pernah dapet walaupun payung sekalipun :((

Memasuki perkuliahan hal yang ngga bakal gue lupain adalh pas ospek atau bahasa sekarang PPSMB seperti yang sudah aku post sebelumnya dimana gue hanya tidur 3 jam sehari dengan tugas yang bejibun.
gue di depan tugu teknik UGM
Gue masih ingat dari mimpi-mimpi yang selalu gue gambar ketika memasuki ruang alfa. Saat memasuki ruang alfa gue, ketika batas rileks posisi tidur atau apalah teorinya seperti yang diajarkan guru fisika gue ibu Harini, gue selalu membayangkan gue memakai jas almamater dengan laptop ditangan dan berbincang dengan mahasiswa yang lain dan kini penggambaran-penggambaran itu begitu nyata senyata-nyatanya.

Alhamdulillah anugrah bertubi-tubi menghantam hidup si cunkcink di tahun 2012 ini. Dari sini gue belajar bahwa gue harus bisa bersyukur dengan apa yang telah diraih walau itu terlihat sedikit dimata gue tapi mungkin itu terlihat besar dimata orang lain. Selamat datang tahun 2013! Semoga angka 13 ditahun ini ngga se-sial seperti kebanyakan orang bilang...
You'll be my next year...

No comments:

Post a Comment